JBatik, Software Lokal Pembuat Batik


Beberapa waktu lalu, pimpinan perusahaan tempat saya bekerja memberitahu tentang software untuk membuat batik, JBatik namanya. Tanpa banyak basa-basi saya segera surfing di google dan mengetikkan JBatik di kotak search.

Dalam hitungan detik, mucul beberapa judul yang membuat saya semakin tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang software ini.

Dari beberapa artikel yang saya baca, saya mendapat penjelasan yang memuaskan tentang software JBatik. “Wah, sudah tertinggal jauh rupanya,” gumam saya dalam hati setelah melihat tanggal dipostingnya artikel-artikel tersebut. Tidak apalah, toh tidak terlampau lama juga.

Dari artikel tersebut, dapat saya review bahwa Batik Fractal adalah pembuatan batik tradisional tetapi dalam pengerjaan motifnya digambar ulang dengan rumus-rumus matematika yang dilakukan dengan bantuan software komputer.

Software unik yang digunakan tersebut bernama JBatik. Huruf ‘J’ disitu diambil dari kata ‘Java’, karena software ini dikembangkan diatas platform Java. Pembuatnya adalah grup asal Bandung, Pixel People Project.

JBatik memenangkan Unesco 2008 Award of Excellence sebagai ‘Stamp of Approval’ yang menjamin produk mereka memiliki kualitas tertinggi pada level internasional dan berpotensi besar untuk masuk pasar dunia.

Sebelumnya, software ini lebih dulu berprestasi di dalam negeri dengan menyabet penghargaan di ajang Indonesia ICT Award 2008 dalam ketagori E-Tourism and E-Culture

Penasaran mau menjajal software ini? Tak perlu khawatir, sebab software ini bisa di-download secara gratis di situs mereka yang beralamat di http://www.pxlpplproject.com.

Dengan semakin berkembangnya teknologi di Indonesia, JBatik bisa membawa perubahan pesat untuk perkembangan desain dan budaya di Indonesia.

Go Batik! Go Indonesia!


About this entry