Kapan Hari Kebahagiaan & Kesedihan di Facebook?


CALIFORNIA – Menulis status di Facebook menjadi cara yang pas dalam menuangkan kesedihan ataupun kebahagiaan yang sedang dialami seseorang. Seringnya anggota Facebook mengeluarkan unek-uneknya di status, membuat situs ini membuat studi tentang kapan hari baik dan buruk di Facebook.

Facebook mulai awal tahun ini mengukur suasana hati dengan menghitung-hitung jumlah kata-kata positif dan negatif yang digunakan dalam pembaharuan status yang diposting oleh pengguna. Studi yang terbatas dilakukan di Amerika Serikat saja, merupakan hasil kerja sama dengan Adam Kramer.

“Setiap hari melalui update status Facebook, orang-orang berbagi apa yang mereka rasakan dengan orang-orang yang paling penting dalam kehidupan mereka,” kata Kramer, yang dilansir melalui SMH, Selasa (13/10/2009).

Facebook yang juga bekerja sama dengan psikolog mengamati dan merangkum kata-kata yang cerah dan murung untuk menandakan apakah orang itu memiliki hari-hari terang atau gelap.

Daftar kata-kata positif termasuk “bahagia,” “yay” dan “luar biasa”, sementara kata-kata negatif termasuk “sedih,” “keraguan” dan “tragis.”

Hari Ibu menjadi awal yang baik bagi sebagian besar pengguna Facebook dalam menuliskan status yang bahagia, walaupun hari berikutnya suasana hati orang langsung berubah. Puncak liburan secara konsisten menjadi hari kebahagiaan, kebahagiaan yang tertuang dalam sebuah status semakin melesat pada November saat bangsa AS merayakan kemenangan Presiden Barack Obama.

Hari yang paling menyedihkan dalam indeks tersebut jatuh pada 22 Januari 2008, penyebabnya pasar saham Asia mengalami keterpurukan dan kematian mengejutkan dari aktor Heath Ledger karena overdosis narkoba pada usia 28 tahun. Kematian Raja Pop Michael Jackson pada 25 Juni tahun ini menandai hari paling menyedihkan kedua dalam dua tahun berturut-turut.

Hasil ini didasarkan pada update dalam bahasa Inggris, namun bahasa lainnya juga ditambahkan sehingga indeks dapat dibuat untuk negara-negara lain juga nantinya. (tyo)

Sumber:
http://techno.okezone.com/read/2009/10/12/55/264941/55/kapan-hari-kebahagiaan-kesedihan-di-facebook


About this entry