Antivirus Microsoft Dirilis Hari Ini


Tampilan MSE

Tampilan MSE

SAN FRANCISCO – Microsoft memenuhi janjinya untuk menyediakan peranti lunak antivirus buatan mereka sendiri. Mulai Selasa 29 September waktu setempat, Microsoft akan melemparkan software yang diberi nama Microsoft Security Essentials (MSE) tersebut ke publik.

MSE yang merupakan software antivirus pertama milik Microsoft tersebut kompatibel dengan seri sistem operasi milik Microsoft, yaitu Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7. Software ini diberikan secara gratis, dengan mengunduhnya di situs milik Microsoft. Namun sayang, aplikasi ini hanya tersedia untuk di beberapa negara saja, seperti Amerika Serikat, Israel, China, dan Brasil. Demikian yang dilansir melalui PC World, Selasa (29/9/2009).

Microsoft mengumumkan MSE pertama kali dengan kode Morro pada akhir tahun lalu. Kahadiran MSE secara gratis itu membuat beberapa perusahaan antivirus terguncang. Sebab, mereka takut Microsoft bakal menguasai pasar antivirus untuk PC.

Pada akhir Juni lalu, MSE dirilis dalam versi beta yang terbatas untuk publik. MSE versi beta harus dirancang dengan baik dan mudah digunakan. Interface utama menggunakan satu jendela dengan empat tab, dan warna kode untuk status di bagian atas, sehingga pengguna dapat melihat sekilas apakah PC-nya dilindungi atau tidak.

Menurut Kepala Tim Software Keamanan Komputer Microsoft Theresa Burch, MSE didesain untuk menemukan dan mematikan virus berbahaya, yang berpotensi mencuri password dan informasi personal lainnya di dalam PC. Bahkan MSE juga mampu menemukan virus yang dapat menjadikan PC sebagai distribusi spam.

Microsoft yakin akan kemampuan MSE yang mampu membersihkan jaringan dari malware yang biasa hingga yang luar biasa. Nantinya, lanjut Burch, jika MSE menemukan sesuatu yang mencurigakan, dia tidak langsung memblokir program tersebut, namun akan terlebih dahulu berkolaborasi dengan server Microsoft sebelum membiarkan program tersebut beroperasi. (tyo)

Sumber:
http://techno.okezone.com/read/2009/09/29/325/260749/325/antivirus-microsoft-dirilis-hari-ini


About this entry