Dinosaurus “Vacuum Cleaner”


FOSIL dinosaurus aneh baru-baru ini diperkenalkan di AS. Dinosaurus tersebut aneh karena memiliki mulut lebar dan pipih mirip moncong mesin penyedot debu (vacuum cleaner).

Semakin aneh, dinosaurus tersebut memiliki susunan gigi yang mengarah ke depan. “Saya sangat terkejut ketika pertama kali melihatnya. Seluruh gigi dinosaurus ini tumbuh mengarah ke depan. Gigi tersebut berjumlah ratusan,” tutur salah seorang penemu, ahli paleontologi Paul Sereno.

Para penemu mengungkapkan, fosil dinosaurus tersebut berusia sekira 110 juta tahun. Fosil tersebut pertama kali ditemukan ahli paleontologi Prancis Philippe Taquet di wilayah Nigeria. Karena itu, dinosaurus tersebut diberi nama nigersaurus taqueti. Ketika masih hidup, nigersaurus taqueti dewasa diperkirakan memiliki tubuh sepanjang sekira 13 meter.

Para ilmuwan menilai, nigersaurus taqueti adalah dinosaurus herbivora. Untuk menyantap makanan, nigersaurus taqueti memiliki cara yang agak ganjil, yakni menurunkan kepalanya ke permukaan tanah dan menyedot tumbuh-tumbuhan yang ditemui. Mirip proses kerja sebuah vacuum cleaner.

“Nigersaurus taquetimemiliki sekira 500 buah gigi. Seluruh gigi itu mengarah ke depan dan tajam. Susunan gigi seperti itu memang menguntungkan ketika digunakan untuk bertarung. Namun, susunan gigi seperti itu tidak bisa digunakan untuk mengunyah makanan,” papar Sereno.

Karena tidak punya gigi geraham untuk mengunyah makanan, nigersaurus taqueti diperkirakan langsung menelan tumbuhan yang disedot dengan mulutnya. Nigersaurus taqueti terus menyedot makanan hingga lambungnya penuh. Setelah perut penuh terisi makanan, makanan yang disimpan dalam perut kemudian dikeluarkan kembali ke mulut untuk dikunyah pelan-pelan.

Cara makan seperti itu dikenal dengan proses memamah biak. Spesies modern yang masih melakukannya antara lain sapi dan kerbau. Karena memiliki cara makan mirip sapi, nigersaurus taqueti disebut pula sebagai sapi purba. Para ilmuwan menilai, nigersaurus taqueti merupakan “saudara dekat” dinosaurus diplodocus yang tinggal di wilayah Amerika Utara. Ketika masih hidup, nigersaurus taqueti diperkirakan memiliki leher panjang seperti jerapah.

Namun, berbeda daripada jerapah yang cenderung memakan dedaunan di pucuk-pucuk pohon yang tinggi, nigersaurus taqueti lebih suka menyantap tumbuhan yang berada dekat dengan permukaan tanah. Karena itu, nigersaurus taqueti harus menurunkan kepalanya hingga ke permukaan tanah ketika menyedot tumbuhan.

Kepala nigersaurus taqueti bisa bergerak lincah ke atas dan bawah karena kepala dinosaurus raksasa tersebut sangat ringan. Hasil pemindaian CT Scan terhadap tengkorak nigersaurus taqueti mengungkap, dinosaurus tersebut memiliki organ penyeimbang di dalam otaknya. Karena itu, nigersaurus taqueti tidak hilang keseimbangan ketika kepalanya terus-menerus diturunkan rendah dekat permukaan tanah.

Di samping mulut vacuum cleaner, keanehan lain yang ada pada nigersaurus taqueti adalah struktur tulang belakangnya. Berbeda dengan dinosaurus lain yang memiliki tulang belakang padat dan berat karena mereka adalah binatang yang sangat besar, nigersaurus taqueti memiliki tulang belakang yang ringan.

“Tulang belakang nigersaurus taqueti memiliki lebih banyak udara daripada tulang lainnya. Tulang-tulang belakang nigersaurus taqueti sangat tipis. Sukar membayangkan tulang belakang setipis itu mampu menopang tubuh nigersaurus taqueti yang sangat besar,” ujar Jeffrey Wilson, peneliti yang lain.
(mbs)

Sumber:
http://techno.okezone.com/read/2007/11/18/56/61747/56/dinosaurus-vacuum-cleaner


About this entry