Hujan Meteor Akan Sambangi Bumi


(Foto: dangthatscool)

(Foto: dangthatscool)

WASHINGTON – NASA memperkirakan, hujan meteor Orionid akan menyambangi Bumi pada Rabu (22/10/2009) waktu setempat. Orionid merupakan salah satu meteor terbesar dan paling terang yang hadir tahun ini.

Para pengamat angkasa yang menonton fenomena ini dari wilayah langit gelap dengan cuaca yang cukup baik, dapat melihat kilauan cahaya dari hujan meteor tersebut setiap lima hingga 10 menit sekali.

Space.com, Rabu (21/10/2009) melansir, sama seperti kebanyakan hujan meteor lainnya, kedatangan Orionid juga disebabkan oleh partikel yang berhubungan dengan komet, dalam hal ini komet yang dimaksud adalah komet Halley yang amat terkenal.

Jadi bagi Anda yang tidak sabar menunggu kehadiran komet Halley pada 2062, ini adalah kesempatan Anda untuk melihat sebagian tubuh komet tersebut melintasi angkasa dan menghilang di atmosfer Bumi.

NASA menyebutkan, pemandangan hujan meteor ini mulai dapat dilihat di AS mulai Selasa (20/10/2008) malam hingga Rabu (21/10/2009) pagi.

Namun NASA juga mengingatkan, pemandangan hujan meteor paling indah terlihat pada pagi hari. Diperkirakan, aktivitas maksimal hujan meteor ini terjadi pada pukul 6 pagi waktu setempat.

Di AS sendiri, pemandangan hujan meteor ini diperkirakan akan dimulai di wilayah timur Amerika Utara. Sedangkan pemandangan yang paling maksimal dapat dilihat sekira pukul 3 dini hari masih di wilayah Barat negara tersebut.

Namun sayangnya belum diketahui apakah hujan meteor ini akan juga menyambangi wilayah Indonesia atau tidak. Jika Indonesia juga disambangi maka meteor tersebut akan terlihat pada Rabu malam nanti. (rah)

Sumber:
http://techno.okezone.com/read/2009/10/21/56/267852/hujan-meteor-akan-sambangi-bumi


About this entry