Menkominfo Harus Kikis Kesenjangan Digital


JAKARTA – Menkominfo terpilih, Tifatul Sembiring dituntut harus segera mengikis kesenjangan digital yang terjadi di Indonesia. Selain itu, untuk meningkatkan perkembangan ekonomi kreatif Tifatul diharapkan dapat menggelar wireline broadband ke rumah-rumah dalam waktu tiga tahun.

Hal itu diungkapkan ketua umum Masyarakat Telematika (Mastel) Indonesia, Setyanto P Santosa saat dihubungi Okezone, Kamis (22/10/2009).

“Kami siap mendukung Pak Tifatul, tapi sebagai mitra kerja Depkominfo kami juga siap mengkritik beliau bila terjadi penyimpangan,” ujar Setyanto.

Mantan Direktur Utama Telkom itu, menegaskan bahwa saat ini kesenjangan digital di Indonesia sangat jauh.

“Jangankan bicara akses internet antara desa dengan kota, kota dengan kota sajalah, kesenjangannya juga masih terlihat,” ujar Setyanto.

Lebih lanjut dikatakan Setyanto, kepemimpinan Depkominfo di bawah Tifatul bisa lebih maju dari sebelumnya. Apalagi jika menteri yang baru ini bisa membangun wireline broadband dalam tiga tahun ke depan, sebagai salah satu upaya untuk mengikis kesenjangan digital.

“Pemerintah harus membangun wireline broadband, biar mobile broadband dikembangkan swasta atau industri. Dalam tiga tahun saya yakin bisa. Diseleksi saja dulu, misalnya untuk Jakarta, bisa lebih dulu diimplementasikan di wilayah Menteng, Pondok Indah, atau wilayah lainnya,” kata Setyanto. (srn)

Sumber:
http://techno.okezone.com/read/2009/10/22/54/268192/menkominfo-harus-kikis-kesenjangan-digital


About this entry