Onno Berharap Menteri Tetap Dukung Open Source


Pengamat IT dan Penggiat Open Source Onno W Purbo

Pengamat IT dan Penggiat Open Source Onno W Purbo

JAKARTA – Meski belum bisa berkomentar mengenai kompetensi Menkominfo dan Menristek baru, pengamat IT Onno W Purbo berharap kedua menteri tetap mendukung penggalakkan Open Source.

“Kita doakan saja, semoga Presiden SBY tidak salah memilih para menterinya,” ujar Onno saat dihubungi okezone, Kamis (22/10/2009).

Menurut Onno, dirinya tidak pernah memperhatikan kiprah politik di negeri ini. Bahkan saat mendengar dua menteri baru menduduki posisi Ristek dan Kominfo, Onno pun mengaku tidak tahu.

“Kalau menilai kompetensi seseorang, harus ketemu dan evaluasi karya-karya mereka dulu. Jadi saya belum bisa berkomentar mengenai kompetensi mereka. Maklumlah, saya bukan pemerhati partai,” lanjut Onno.

Namun begitu, Onno pribadi juga memiliki harapan tertentu kepada kedua menteri tersebut. Selain mampu membuat orang Indonesia bisa hidup dan berkarya dengan menggunakan pengetahuannya, Onno berharap pemerintah juga bisa memicu masyarakat dan birokrasi untuk tidak tergantung pada asing.

“Bahasa kerennya, menjadikan Indonesia sebagai ‘Knowledge Based Society’, menggunakan pengetahuannya untuk bisa berkarya. Terlebih penting, saya harap mereka mau terus menggiatkan penggunaan open source dan mendorong masyarakat untuk mencintai produksi dalam negeri,” papar Onno.

Lebih lanjut Onno memaparkan, ada beberapa strategi yang dituangkan Onno untuk perkembangan ICT di Indonesia. Strategi ini dituangkanya dalam wiki pribadinya dan telah disampaikan oleh beberapa pejabat seperti Dirjen Postel (kala itu masih dijabat Basuki Yusuf Iskandar) dan dua pejabat Menkominfo, Muhammad Nuh dan Sofyan Djalil. Namun sayangnya strategi ini ditanggapi dingin (jika tidak bisa disebut ‘cuek’).

“Strategi perkembangan ICT saya tuangkan semua di wiki tersebut. Namun hanya Pak Kusmayanto Kadiman yang tampaknya mengerti dan peduli. Makanya, kita doakan saya semoga mereka mau membuka mata dan telinga buat kepentingan kemajuan bangsa Indonesia,” tutur Onno. (srn)

Sumber:
http://techno.okezone.com/read/2009/10/22/325/268215/onno-berharap-menteri-tetap-dukung-open-source


About this entry