Suhu Indonesia Diproyeksikan Akan Meningkat


Cuaca Saat Hujan

Cuaca Saat Hujan

JAKARTA – Suhu dan curah hujan di Indonesia hingga akhir abad 21 diproyeksikan akan meningkat di atas rata-rata tren 1 derajat Celsius per 100 tahun sebagai dampak perubahan iklim.

Para pemangku kepentingan perlu merencanakan program adaptasi untuk menghadapi hal tersebut. Proyeksi iklim dengan menggunakan model Global Circulation Model (GCM) Meteorogical Research Institute (MRI) resolusi super tinggi menunjukkan beberapa daerah di dataran rendah seperti pantai, daerah flat, dan hampir seluruh wilayah Indonesia akan mengalami kenaikan 2-2,5 derajat Celsius.

Sedangkan untuk daerah tinggi seperti di sekitar Bukit Barisan, Sulawesi Tengah, dan Puncak Jayawijaya akan naik lebih dari 2,5 derajat Celsius. Proyeksi itu dipaparkan dalam seminar Pengembangan Kapasitas untuk Adaptasi Perubahan Iklim di Asia: Analisa Perubahan Iklim yang digelar the Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta.

“Perubahan iklim akan meningkatkan peristiwa-peristiwa ekstrem,” kata Dr Akio Kitoh, Direktur Departemen Penelitian Iklim MRI, salah seorang pembicara seminar. Model resolusi tinggi diperlukan untuk menggambarkan lebih baik cuaca ekstrem dan badai tropis.

Erwin Eka Syahputra Makmur, Kepala Subbidang Peringatan Dini Iklim BMKG mengatakan, hasil dan model proyeksi iklim tersebut sangat berguna untuk memproyeksikan perubahan iklim di Indonesia.
“Terutama pada perubahan pola curah hujan,” paparnya. (srn)

Sumber:
http://techno.okezone.com/read/2009/10/22/56/268273/suhu-indonesia-diproyeksikan-akan-meningkat


About this entry